Selasa, 25 Oktober 2011

PEMOGRAMAN DATA BASES

  1.  Jelaskan pengertian daripada basisdata (database)
  2. Berikan penjelasan mengenai perbedaan antara lemari arsip dengan database didalam suatu perusahaan
  3. Jelaskan pengertian daripada file, record, field, dan data value serta berikan masing-masing contohnya
  4. Jelaskan pengertian daripada sistem basisdata, apa saja komponen utama dari sistem basisdata
  5. Jelaskan pengertian sistem operasi dan berikan contoh beberapa sistem operasi yang saudara ketahui
  6. Jelaskan pengertian DBMS dan berikan contohnya untuk kelas DBMS yang sederhana maupun yang kompleks
Jawaban :
  1. Basis Data dan lemari arsip sesungguhnya memiliki prinsip kerja dan tujuan yang sama. Prinsip utama : pengaturan data/arsip. Tujuan utama: kemudahan dan kecepatan dalam pengambilan kembali data/arsip. Perbedaan : media penyimpanan yang digunakan. Perbedaan media ini selanjutnya melahirkan perbedaan-perbedaan lain yang menyangkut jumlah dan jenis metode/cara yang dapat digunakan dalam upaya penyimpanan. 
  2. Field adalah satuan data terkecil yang   tidak dapat dipecah lagi menjadi  unit lain yang bermakna.  Pada data Mahasiswa,  field dapat berupa : nim, nama_m, tpt_lhr_m, tgl_lhr_m, alm_m dan dan atribut lainnya yang menyangkut mahasiswa tersebut. Istilah lain elemen data adalah field, kolom, item, dan atribut. Istilah yang umum dipakai adalah field, atribut atau kolom. Record  adalah  gabungan  sejumlah  elemen  data  yang  saling terkait. Contohnya adalah nim, nama_m, tpt_lhr_m, tgl_lhr_m, alm_m an atribut lainnya dari seorang Mahasiswa dapat dihimpun dalam sebuah record / baris. 
  3. File adalah kumpulan record sejenis yang mempunyai panjang field sama, namun berbeda isi datanya. Data  value adalah  data  aktual  atau informasi  yang disimpan  pada setiap   field.  Field nama_m menunjukkan tempat dimana informasi nama mahasiswa disimpan, sedangkan isi datanya adalah mulyani sofyan dan lain.
  4. Sistem  basis  data  dapat  diartikan   sebagai   kumpulan   file yang  saling berhubungan  (dalam  sebuah  basis  data  di  sebuah  sistem  komputer),  dan  sekumpulan program (DBMS / Database Management System) yang memungkinkan beberapa user (pemakai), dan / atau program lain  untuk mengakses dan memanipulasi file (table) tersebut. Komponen – komponen utama dari sebuah sistem basis data adalah sebagai  berikut : Perangkat keras (hardware) Sistem operasi (operating system) Basis data (database) Sistem (aplikasi/perangkat lunak) pengelola basis data (DBMS) Pemakai (user) Aplikasi (perangkat lunak) lain (bersifat optional)
  5. Operating system (OS) atau yang sering di sebut sistem operasi adalah sekumpulan perintah dasar yang berperan untuk menjalankan dan mengoperasikan komputer .Sekarang ini banyak sekali macam-macam sistem operasi di pasaran baik yang asli ataupun yang bajakan.Ada beberapa sistem operasi yang biasa kita jumpai di pasaran diantranya Windows,Unix,Linux Dan masih banyak lagi yang lainya.Dari sekian banyak sistem operasi Yang beredar,sistem operasi milik perusahaan microsoft lah yang paling populer untuk para pengguna pc notebook,bahkan ponsel dan PDA sekalipun Dengan sistem operasi berbasis mobilenya
  6. DBMS adalah koleksi terpadu dari program-program  (sistem perangkat lunak) yang digunakan  untuk mendefinisikan,  menciptakan,  mengakses  dan merawat database  (basis data).   Tujuannya   adalah   menyediakan   lingkungan   yang   mudah   dan   aman   untuk penggunaan dan perawatan database. Contoh daripada DBMS adalah Ms-Access, MS Sql Server dan Oracle.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar